Translate

Senin, 01 Juni 2015

Artis Cantik Ini Siap Membawa Songket Palembang Mendunia


Penyanyi Vienna Fridiana selalu punya terobosan menarik agar songket khas Indonesia merambah pasar internasional. Awal tahun 2015 lalu, pemilik butik Vienna Gallery ini sukses menggelar fashion show di kedutaan Amerika. Akhir tahun 2015 nanti, pelantun lagu “Cinta Terakhir” itu berencana menggelar fashion show di kedutaan Eropa.
Selain jalur fashion show, perempuan yang telah membintangi puluhan iklan ini turut mengenalkan songket lewat musik. Pencipta lagu “Cintai Indonesia” ini selalu memilih kostum panggung songket modifikasi Palembang ketika ia diundang nyanyi di beberapa negara Asia.
“Alhamdulillah, saya sering diundang nyanyi ke negara-negara Asia Tenggara. Lewat musik lah, saya sekaligus bisa mempromosikan keindahan budaya & fashion khas Indonesia,” buka Vienna.

Perempuan berambut panjang yang jago melukis ini menambahkan, kita sebagai anak bangsa harus selalu kaya dengan inovasi. Tanpa mengesampingkan pakem adat, pelaku industri kreatif bisa memodifikasi kain-kain tradisional menjadi sebuah desain yang modern.
“Kain tenun memiliki berbagai macam motif dan desain. Ada nilai budaya yang terselip dari setiap motif songket dan ini harus dilestarikan. Zaman dahulu songket cuma dipakai untuk acara-acara pesta sebagai kain bawahan saja. Saya merancang songket Palembang berbentuk jaket, gaun, traveling bag, dan lainnya,” terang pengagum Sheila Majid dan Vina Panduwinata ini.

Vienna berharap, Indonesia sangat berpotensi menjadi kiblat fashion dunia. “Banyak desainer Indonesia yang berhasil membuat karya-karyanya dilirik dunia. Saya pun, demikian. Dengan menggelar fashion show di kedutaan Eropa nanti, songket Palembang kian digemari” harap penyanyi yang telah 2 kali berkolaborasi dengan penyanyi asal Malaysia itu. 
(gulalives.com)

0001-6173730775_20210818_213258_0000
IMG_20211008_152953