Translate

Jumat, 23 September 2016

Tenun Garut Unjuk Gigi di Los Angeles Fashion Week

Salah satu karya perancang Rinda Salmun yang akan dipamerkan di ajang Los Angeles Fashion Week 2017, pekan depan. (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)


Perancang busana Rinda Salmun siap berlaga di ajang Los Angeles Fashion Week (LAFW) 2017 yang akan berlangsung pekan depan hingga Oktober mendatang. Pada peragaan kali pertamanya di LA itu, Rinda akan memamerkan keindahan tenun dari Garut, Jawa Barat. 

"Koleksi spring summer 2017 kami, di mana menampilkan kain tenun Garut," ujar Rinda di Jakarta, Selasa. 

Tenun ini hadir dalam beragam jenis pakaian yang mudah dipadupadankan, mulai dari atasan seperti blazer, cut out (pakaian tanpa lengan) dan bawahan seperti rok. Total koleksi yang nanti akan ditampilkan ada sekitar 50 koleksi. 

"Ada juga tenun Jepara yang di-mix and match dengan tenun Garut. Ada juga sulaman tangan. Karyaku kali ini lebih muda, lebih Los Angeles (banget)," kata Rinda. 

Variasi warna yang dihadirkan pun sesuai dengan konsep spring summer yaitu light pink salmon, dark red, hijau limau, putih dan hitam. Melalui karyanya itu, Rinda ingin mengapresiasi karya penenun Garut dan mendukung karya-karya mereka. Di samping itu, LAFW pun diharapkan bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan karyanya pada masyarakat LA sekaligus patinya juga untuk jualan. 

"Targetku bisa jualan, menembus pasar di sana, memperkenalkan desain-desain karya desainer Indonesia, bahan-bahas khas Indonesia. Aku senang bisa bekerjasama dengan pengrajin Garut. Aku juga mau support karya-karya mereka," tutur dia seraya tersenyum. 

"Untuk menembus pasar memang butuh usaha. PR dan Marketing di sini berkerja. Sejauh ini aku sudah buzzing, membuat page di laman medsos, marketing bergerak," pungkas Rinda. 

Selain Rinda, masih ada 4 desainer lainnya yang akan unjuk karya di LAFW 2017, yakni Ivan Gunawan dengan koleksi "Suqqu"-nya, lalu Oscar Lawalata dengan "SPOT"-nya. Kemudian, Nonita Respati melalui "Purana" dan Aurelia Santoso lewat koleksi "Laison".

sumber : antara
0001-6173730775_20210818_213258_0000
IMG_20211008_152953