Translate

Kamis, 24 November 2016

Ini Sosok Pahlawan Tenun Tapis Lampung

 Siti Rahayu, Pahlawan Tenun Tapis Lampung


Pahlawan Tenun Tapis Lampung


Adalah Siti Rahayu, salah satu pengrajin Tenun Tapis khas Lampung. Siti sampai saat ini masih menjaga kebudayaan asli Lampung tersebut.

"Tapis ini budaya dari Lampung, Tapis juga biasa digunakan raja-raja Lampung yang untuk pesta, anaknya nikah gitu. Saya sendiri udah mulai dari 1998," ujarnya saat ditemui para Datsun Risers, Minggu (13/11/2016).

Rahayu yang memiliki gallery sendiri di rumahnya, dengan nama Gallery Rahayu di jalan Soekarno Hatta no 3, Tanjung Senang, Kedaton, Bandar Lampung ini mengatakan sudah membuat perubahan pada tenun Tapis, tapi tentunya tidak menghilangkan keaslian budaya dan kualitasnya. Baca juga: Koleksi Songket Lampung Aman Lase Collection

"Tapis Lampung itu terkenal dengan berat dan kaku, kita coba gimana caranya membuat tidak berat dan kaku, karena itu lah orang-orang punya kesempatan memakai Tapis ini, kita renovasi," ujar Rahayu.

"Kalau kita jaga kualitasnya, itu orang mau cepat atau lama pesannya tetep harus bagus, kemudian sekarang karena tapis banyak ya jadi saya membuat modifikasi segala macem, jadi saya harapkan semua orang senang," tambah Rahayu.

Dari segi pemakaiannya, ada beberapa nama salah satunya adalah Matakibaw, tembag Rahayu.

"Biasanya orang Lampung itu kalau mau pesta pake yang motifnya penuh, namanya Matakibaw, suami istri make pas anaknya nikah, atau sekarang kaya pesta di gedung gitu," tutur Rahayu.

Tenun Tapis dari Rahayu ini juga sudah tersebar keseluruh Indonesia, bahkan sudah ada yang tersebar luar negri.

"Kalau keluar di Timur Tengah, ada lagi dari Selangor, Johor, Penang," kata Rahayu.

Kisaran harga tertinggi untuk tenun Tapis ini Rp 15 jutaan. Sedangkan untuk pengerjaan paling cepat satu bulan dan paling lama dua bulan.

"Tergantung mereka yang mengerjakan. Ngerjainnya siang malam ga, makin sering yang mengerjakan makin cepat," ucap Rahayu.

sumber: detikcom
0001-6173730775_20210818_213258_0000
IMG_20211008_152953