Translate

Minggu, 10 November 2019

Ajang Pemilihan Putra-Putri Tenun dan Songket Digelar Desember Tahun Ini


Yayasan Cinta Budaya Kain Nusantara dan Komunitas Tenun Tradisional Indonesia akan menggelar acara Pemilihan Putra-Putri Tenun dan Songket yang akan digelar pada 19—22 Desember 2019.

Ketua Umum Yayasan Cinta Budaya Kain Nusantara Ana Mariana mengatakan bahwa ajang Pemilihan Putra-Putri Tenun dan Songket itu merupakan kegiatan skala Nasional yang puncaknya akan berlangsung di Hotel Sultan Jakarta.

“Kegiatan ini merupakan respons atas Hari Tenun dan Songket yang dicanangkan oleh Pemerintah,” ujarnya melalui keterangan resminya, Jumat (8/11/2019).

Ana mengungkapkan bahwa ajang tersebut diharapkan menjadi tonggak dimana potensi Tenun dan Songket Indonesia bisa semakin dikenal dan menjadi kekuatan baik secara ekonomi, sosial, budaya, serta menumbuhkan sikap cinta Tanah Air.

Menurutnya, saat ini kurang lebih terdapat 1 juta Perajin Tenun dan Songket di seluruh Indonesia. “Harapan kami dengan acara ini, keberadaan mereka semakin terbantu,” katanya.

Dia menuturkan Tenun dan Songket merupakan budaya asli Indonesia. Dengan mengangkat tema Tenun dan Songket, dia meyakini merupakan salah satu cara mengangkat citra Indonesia.

“Semoga ajang ini dapat meningkatkan ekonomi para Penenun dan juga memberikan edukasi kepada generasi muda bahwa kita punya kok kain yang adi luhung dan indah baik dari motif, pembuatan dan sejarah panjang yang menyertainya. Sehingga semakin banyak yang melirik tenun sebagai pilihan berbusana,” kata Ana yang telah puluhan tahun membina dan mengembangkan tenun dan songket ini.

Ana mengajak semua stakeholder, baik swasta dan pemerintah baik pusat maupun daerah terlibat menyukseskan acara tersebut.


Sumber: bisnis dot com
0001-6173730775_20210818_213258_0000
IMG_20211008_152953