Translate

Selasa, 07 September 2021

Potret Personil BTS Saat Tampil dengan Pakaian Motif Mirip Batik

Menjadi brand ambassador e-commerce lokal Indonesia dan fashion line besar dunia membuat apa pun yang dikenakan BTS menjadi perhatian. 


Salah satunya saat mereka mengenakan sesuatu yang berbau lokal, misalnya pakaian yang mirip dengan batik. 

Beberapa kali member BTS mengenakan pakaian yang disangka batik karena motifnya yang mirip. Hal ini pun sempat membuat geger ARMY Indonesia. 

Berikut penampilan BTS yang melokal saat mengenakan pakaian yang mirip kain khas Indonesia tersebut.  

1. Jungkook tampak mengenakan baju seperti batik saat umumkan konser online mereka 


Saat mengumumkan konser daring mereka yang diberi judul SOWOOZOO, Jungkook terlihat sangat mencolok mengenakan baju dengan motif mirip batik. Dia juga terlihat ceria dan keren, sampai membuat heboh ARMY Indonesia. Ternyata, baju yang mirip dengan batik tersebut berasal dari merek asal Korea, Asclaw Shark Paisley Shirt, yang dijual seharga 42 ribu won atau setara Rp518 ribu.  


2. Jungkook kembali mengenakan baju Asclaw yang mirip batik 


Dalam rangka merayakan minggu kelima "Butter" memuncaki chart Billboard Hot 100, BTS mengadakan live bersama ARMY. Dalam sesi singkat tersebut, terlihat Jungkook mengenakan pakaian mirip batik dari Asclaw.  

Motif paisley pada kemejanya terlihat sama dengan yang dikenakannya saat pengumuman SOWOOZOO. Walau motif baju tersebut sama, tampilannya tampak berbeda.  Ini menandakan bahwa ia menyukai motif kemeja itu karena Jungkook punya kebiasaan membeli baju dengan model yang sama tapi dengan warna yang berbeda.  


3. SUGA mengenakan batik pemberian fans


Di video Seasons Greetings tahun 2018 silam, SUGA terlihat mengenakan batik. Ternyata, bukan sekadar motif yang mirip, tapi kemeja tersebut adalah memang batik asal Semarang bernama Smile Batik, dan dari seorang penggemar bernama Novita Wicahya.  
Ia juga menyempatkan diri mengambil foto dirinya saat mengenakan batik tersebut dan mengunggahnya di Twitter. 


4. Jungkook shooting Run BTS dengan baju mirip batik


Saat shooting Run BTS episode 120 dan 121, Jungkook kembali membuat baper ARMY Indonesia. Pasalnya, dia terlihat mengenakan baju yang mirip batik.
Dengan perannya sebagai pemilik counter game di masa lampau, Jungkook terlihat mencolok dan cocok dengan outfit tersebut. Kemeja dari brand Korea DSW Company tersebut juga memiliki motif paisley yang sering disangka batik. 

5. Kemeja mirip batik yang dikenakan V saat live


Sudah menjadi tradisi bagi anggota BTS untuk melakukan live melalui VLive ketika mereka berulang tahun 2019, V terlihat mengenakan baju kemeja dari Man Bird Shirt dari Zara. Motif burung yang terlihat seperti batik itu sukses membuat hati ARMY Indonesia berbunga-bunga 

6. Jungkook dengan baju batik berwarna cerah 



BTS mengunggah video pendek di YouTube, untuk mengumumkan dance challenge dari single terbaru mereka, "Permission to Dance". Di video tersebut, sang golden maknae terlihat keren mengenakan baju bercorak mirip batik dari Isabel Marant. Walau bukan batik asli, melihat Jungkook berkali-kali mengenakan pakaian dengan corak khas kain Indonesia cukup menyentuh hati Indomy, sebutan untuk ARMY Indonesia. 


7. Kemeja RM yang mirip batik saat membawakan "IDOL"


Saat membawakan "IDOL" dengan hanbok di acara Tonight Show Starring Jimmy Fallon , terlihat beberapa anggota mengenakan baju dalaman yang sekilas terlihat seperti batik. RM adalah salah satunya. Ia terlihat mengenakan kemeja lengan pendek seperti batik di balik jas hanbok -nya. Meski bukan batik asli, motifnya terlihat serasi dengan baju tradisional Korea Selatan. 


8. V dengan dalaman kemeja motif batik di acara yang sama  


Anggota lain yang mengenakan dalaman seperti batik saat shooting untuk The Tonight Show Starring Jimmy Fallon adalah V. Di kanal YouTube mereka pada seri BTS Episode, V melepaskan jas hanbok panjangnya, sehingga baju motif yang mirip batik tersebut terlihat jelas. Saat penampilan mereka, hanbok dengan bordir pada bagian kerah tersebut sangat serasi dengan motif kemeja yang terlihat mirip batik.  


9. Jimin dengan baju batik di Konser Tiny Desk (Home)   


Saat diundang tampil di YouTube NPR Music, konsep retro ala 70-an, terlihat dua personil  BTS mengenakan atasan yang mirip batik. Jimin salah satunya. Ia tampak sangat cocok dalam balutan outfit berwarna merah berpadu dengan kuning keemasan tersebut.

Atasan mirip batik yang dikenakan Jimin adalah blus paisley print dari JW Anderson. Pola inilah yang membuat baju-baju tersebut terlihat seperti batik. 


10. Jin dan baju mirip batik yang serasi dengan warna rambutnya 



Selain Jimin, Jin juga mengenakan baju yang mirip batik saat tampil di kanal NPR Music, untuk Tiny Desk (Home) Concert mereka. Ia terlihat gagah mengenakan baju tersebut.  

Sama dengan Jimin, motif paisley pada baju berbahan satin tersebut membuat pakaian Jin mirip dengan batik.  Selain warna yang serasi dengan warna rambutnya, kemeja milik Etro tersebut membuat bahu lebar dan leher kokoh Jin juga terlihat menonjol. 

11. Lagi, V mengenakan baju seperti batik saat promosi BTS di VMA

MTV Asia mengunggah video untuk mengumumkan bahwa BTS akan tampil di acara mereka. Dalam video yang diunggah Februari lalu, terlihat V mengenakan kemeja lengan panjang mirip batik. 



Ternyata, baju tersebut adalah baju keluaran clothing  line Korea bernama Ginghambus. 


Walau sebagian besar bukan batik asli, baju-baju tersebut di atas membuat ARMY Indonesia bangga.
Jika BTS menyukai outfit dengan corak mirip batik dan banyak clothing line besar yang membuatnya, secara tidak langsung keindahan kain khas Indonesia diakui dalam dunia fashion, k
arena itu, kita harus bangga dan giat mempromosikan batik milik khas negara kita.
Gunakan bakat dan keahlian kita untuk promosikan Indonesia. 


Sumber : IDN times
Penulis : Monica Gracia 


0001-6173730775_20210818_213258_0000
IMG_20211008_152953